SILABUS
SMK KELAS 1 SEMESTER 1
TUGAS
Diajukan Untuk Memenuhi Salah
Satu Tugas Terstruktur
Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran
PMtk 5a
ERNI
LASWINDA : 2410.004
fauzi akmal :2410.013
rezy arnas :2410.014
maulidina
oktrilia :2410.021
rahma dini :2410.025
yossy widya
fadli :2410.033
yetmawati :2410.046
dosen Pembimbing:
M.
Imamuddin, M.Pd
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2013 M/1434
H
SILABUS
Sekolah : SMK Negeri
Kelas : X
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I (satu)
Tahun
Pelajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indicator
|
penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
Karakter
|
Bilangan
1.Memecahkan
masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
|
1.1Menerapkan operasi pada
bilangan real
|
1.Bilangan
real
2.Bilangan
pecahan
3.Bilangan
bulat
|
Tatap
Muka(TM)
1.1menjelaskan system
bilangan real
1.2menjelaskan
operasi pada bilangan bulat dan pecahan
1.3menjelaskan cara
mengubah bentuk pecahan ke decimal dan persen serta sebaliknya
1.4menjelaskan
tentang konsep perbandingan dan skala
1.5menjelaskan
operasi pada bilangan berpangkat
|
1.1.1memahami
system bilangan real dan operasi penjumlahan bilangan bulat
1.1.2melakukan
operasi kurang ,kali , bagi pada bilangan bulat
1.1.3melakukan
operasi tambah ,kurang ,kali dan bagi pada bilangan pecahan
1.1.4mengubah
bentuk pecahan kebentuk persen
,decimal dan sebaliknya
1.1.5melakukan
operasi konsep perbandingan(senilai dan berbalik nilai) dan skala
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
2
x 45 menit
2
x 45 menit
2
x 45 menit
2
x 45 menit
2
x 45 menit
|
Tuti Masriani
dkk.matematika program keahlian
akuntasi dan penjualan untuk SMK kelas
X semester 1 .2006.Erlangga :Jakarta
Guru
|
Rasa
ingin tahu,disiplin, tanggung jawab ,kerja keras dan kreatif
|
|
1.2Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat
|
1. Bilangan
akar
2. Bilangan
berpangkat
|
2.1menjelaskan
operasi bentuk akar
2.2merasionalkan
penyebut bentuk akar
2.3menjelaskan
operasi pada bilangan berpangkat
|
1.2.1melakukan
operasi aljabar bentuk akar dan merasionalkan penyebut pecahan
1.2.2
menjelaskan operasi dan sifat –sifat bilangan berpangkat
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
2
x 45 menit
2
x 45 menit
|
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
|
Karakter
|
Bilangan
2.Memecahkan
masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
|
1.Menerapkan operasi pada bilangan irasional
|
4.Konsep bilangan irasional
5.Operasi pada bilangan bentuk akar
6.Penyederhanaan bilangan bentuk akar
7.Penggunaan bentuk akar
|
1.
Memahami bentuk akar
2.
Menyederhanakan bentuk akar
3.
Mengoperasikan bentuk akar
4.
mengklasifikasikan bilangan real kebentuk akar
5.
Menjelaskan pengertian biangan irasional
6.
Mengoperasikan bilangan irasional
7.
Menyederhanakan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bil.irasional
|
1.
Mengklasifikasikan bilangan real kebentuk akar dan bukan akar
2.
Menjelaskan konsep dan sifat sifat bil.irasional
3.
Melakukan operasi bil.irasional
4.
Menyederhanakan bil.irasional
5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bil.irasional
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Tuti
Masriani dkk.matematika program
keahlian akuntasi dan penjualan untuk SMK kelas X semester 1 .2006.Erlangga :Jakarta
Guru
|
Rasa ingin tahu,disiplin, tanggung
jawab ,kerja keras dan kreatif
|
|
1.4Menerapkan konsep logaritma
|
3. Menerapkan konsep logaritma
4. Menjelaskan
sifat- sifatnya
5. Menggunakan tabel logaritma dalam menyelesaikan soal
|
1.
menjelaskan konsep logaritma
2.
menjelaskan sifat–sifat logaritma
3.
Menggunakan tabel logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
1.
Menjelaskan konsep logaritma
2.
Menjelaskan sifatsifat logaritma
3.
Menggunakan tabel logaritma
4.
Melakukan operasi logaritma dengan sifat sifat logaritma
5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan logaritma
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
|
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3
|
Menerapkan persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat
|
Persamaan kuadrat
disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui
|
Menyusun persamaan
kuadrat
|
Menyusun Persamaan
kuadrat berdasarkan akar-akar yang diketahui
|
Kuis, Tes Lisan, Tes
Tertulis, Penugasan
|
4 x 45 menit
|
Buku paket, yaitu buku
Matematika SMK kelas X Semester 1.
|
|
Persamaan kuadrat baru
disusun berdsasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
|
Penerapan persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat dalam program keahlian
|
Menyusun Persamaan
kuadrat baru berdsasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
|
Modul Matematika SMK
kelas X
|
|||||
Persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program
keahlian
|
Menyelesaikan masalah
program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
Buku referensi lain
|
||||||
4
|
Menyelesaikan sistem
persamaan
|
Sistem persamaan
linear dua dan tiga variabel dapat ditentukan penyelesaiannya
|
Sistem persamaan linear dua dan tiga variabel
|
Memberikan contoh Sistem persamaan linear dua dan tiga variabel
|
Kuis, Tes Lisan, Tes
Tertulis, Penugasan
|
4 x 45 menit
|
|
|
Sistem persamaan
dengan dua variabel, satu linear, dan satu kuadrat dapat ditentukan
penyelesaiannya
|
Sistem persamaan
dengan dua variabel, satu linear dan satu kuadrat
|
Menyelesaikan Sistem persamaan linear dengan metode eliminasi,
subsitusi, atau keduanya
|
|
|||||
Memberikan contoh Sistem persamaan dengan dua variabel, satu
linear, dan satu kuadrat
|
|
|||||||
Menyelesaikan Sistem persamaan dengan dua variabel, satu linear,
dan satu kuadrat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar