RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : X/
I
Materi Pokok : Bilangan
Real
Alokasi Waktu : 4
Jam pelajaran ( 2 kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan
real
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan operasi pada
bilangan berpangkat
C.
Indikator
Pertemuan pertama
1.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar
2.
Merasionalkan penyebut
pecahan yang berbentuk akar
Pertemuan kedua
1.
Menjelaskan sifat – sifat bilangan pangkat bulat positif
2.
Melakukan operasi bilangan berpangkat
3.
Mengubah bilangan pangkat negative dan nol menjadi pangkat
positif dan mengubah bilangan kedalam bentuk baku dan pangkat pecahan
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Siswa mampu melakukan operasi aljabar pada bentuk akar
2. Siswa mampu merasionalkan penyebut pecahan
bentuk akar
Pertemuan kedua
1.
Siswa mampu menjelaskan sifat – sifat bilangan pangkat
positif
2.
Siswa mampu melakukan operasi bilangan berpangkat
3.
Siswa mampu mengubah bilangan pangkat negative dan nol
menjadi pangkat positif dan siswa mampu mengubah bilangan kedalam bentuk baku
dan pangkat pecahan
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Berfikir kritis
2.
Cermat
3.
Teliti
4.
Mandiri
5.
Kerja keras dan rasa ingin tahu.
E.
Alokasi waktu
2 x 45 menit ( tiap kali pertemuan)
F.
Materi Ajar
Pertemuan pertama
Bentuk Akar
Menyederhanakan bentuk akar berarti merubah bentuka akar
sehingga bilangan di dalam tanda akar tidak lagi memiliki factor bilangan
berpangkat yang pangkatnya merupakan kelipatan pangkat akar . Penyederhanaan
dilakukan dengan menggunakan sifat berikut.
Contoh:
Sederhanakanlah bentuk akar 3.
3 3 x =3 x 7=21
1.
Operasi aljabar pada bentuk akar
a.
Operasi penjumlahan dan pengurangan
Untuk a, b € himpunan bilangan real dan c € himpunan bilangan
rasional non negative berlaku :
1.
a + b = (a + b )
2.
a - b = (a -b )
contoh:
sederhanakalah bentuk akar dibawah ini:
5 + 10 = …
5 + 10 =(5 +10 )
b.
Operasi perkalian
Untuk a, b € himpunan bilangan rasional non – negative
berlaku
x =
Contoh:
Sederhanakanlah
bentuk – bentuk bilangan berikut:
( + ) ( - 2 )=…
( +) ( -2 )=( x)-( x 2 )+ ( x )- ( x
= 12 – 12 + - 10
= 2- 11
c.
Operasi pembagian
Untuk a, b € himpunan bilangan rasional non – negative , b ≠
0 berlaku
Contoh:
: =…
: = = = 2
2.
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar
untuk a , b € himpunan
bilangan rasioanal non – negative ,maka :
1.
sekawan dengan
akar
2.
(a + ) sekawan
dengan (a - )
3.
( ) sekawan dengan ( )
Contoh:
Rasionalkan penyebut pecahan
bilangan – bilangan berikut ini dan sederhanakanlah:
= : = 4
Pertemuan kedua
Bilangan Berpangkat
1.
Pangkat Bulat Positif
Sifat 1
Jika a, b € himpunan
bilangan real dan m ,n adalah bilangan bulat positif dengan m n maka : am
x an = am+n
Sifat 2
Jika a, b € himpunan
bilangan real dan m ,n adalah bilangan bulat positif dengan m n maka: am
: an=am-n
Sifat 3
Jika a, b € himpunan bilangan real dan m ,n
adalah bilangan bulat positif maka: (am)n = amxn
Sifat 4
Jika a, b € himpunan bilangan real dan m ,n
adalah bilangan bulat positif maka:(a x b )n= an x bn
Sifat 5
Jika a, b € himpunan bilangan real dan m ,n
adalah bilangan bulat positif b ≠ 0 maka: )n=
2.
Pangkat Bulat Negative dan Nol
Jika a bilangan real dan
a≠0, maka a0=1
Jika a € himpunan bilangan
real ,a ≠ 0 dan n adalah bilanga bulatnegatif , maka: a-n=
3.
Bentuk Baku
100=1
101=10
102=100
103=1000
10-1=0,1
10-2=0,01
10-3=0,001
10-4=0,0001
4.
Pangkat Pecahan
=
Sifat – sifat bilangan
berpangkat
Jika a, b € himpunan
bilangan real , dan m ,n € himpunan
bilangan bulat , maka:
1.
am x an = am+n
2.
am : an=am-n
3.
(am)n = amxn
4.
(a x b )n= an x bn
5.
)n=
6.
= dan =
G.
Metode Pembelajaran
1.
Ekspositori
2.
Diskusi
3.
Pemberian Tugas
H.
Jenis Pendekatan
Cooperatif Learning Tipe Think Pair share
I.
Langkah – Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Aktifitas
guru
|
Aktifitas
siswa
|
Alokasi
waktu
|
Karakter
yang diharapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan inti
Penutup
|
-
Guru mengucap salam dan meminta siswa membaca doa
-
Guru mengabsen siswa
Apersepsi
-
Guru mengingatkan pelajaran sebelumnya yaitu konversi
bilangan
-
Guru mengaitkan pelajaran hari ini dengan operasi aljabar pada
bilangan pecahan
-
Guru membahas PR yang sulit
Motivasi
-
Guru menjelaskan kegunaan materi ini dalam kehidupan sehari
- hari
-
Guru member motivasi tentang materi yang dipelajari
-
Introduksi
-
Guru menyampaikan tujuan pelajaran
-
Memberikan gambaran tentang materi yang dipelajari
-
Menjelaskan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
-
Membentuk pasangan siswa
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan tentang bentuk akar ,operasi bentuk akar
dan merasionalkan penyebut bentuk akar dan memberikan beberapa contoh siswa
-
Memberikan soal latihan
Elaborasi
-
Menunjuk pasangan siswa untuk mempresentasikan hasil
diskusi didepan kelas
-
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang tampil
Komfirmasi
-
Guru memberikan penegasan terhadap jawaban yang
dipresentasikan pasangan siswa yang tampil
-
Bersama – sama dengan dengan siswa menyimpulkan pelajaran
-
Guru memberikan PR kepada siswa
-
Menutup pelajaran dan membaca doa
|
-
Menjawab salam dari guru dan membaca doa
-
Merespon absen guru
-
Memperhatikan dan mengingat materi sebelumnya
-
Memperhatikan dan mendengarkan
-
Memperhatikan dan mendiskusikan
-
Memperhatikan dan mendengarkan
-
Memperhatikan dan mendengarkan
-
Memperhatikan dan mendengarkan
-
-
Memperhatikan dan mendengarkan
-
Mendengarkan dan memperhatikan
-
Duduk dengan pasangan masing - masing
- Mendengar, memperhatikan
dan mencatat
-
Think ( berfikir)
Siswa memikirkan dan menuliskan jawaban pada buku secara individu
-
Pair (berpasangan )
Siswa mendiskusikan apa yang telah difikirkan dan ditulis pada tahap pertama pada
pasanganya
-
Share ( berbagi)
Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-
memperhatikan
- memperhatikan
dan bertanya kepada guru jika tidak mengerti
- menyimpulkan
pelajaran
- mencatat
PR
- menutup
pelajaran dan membaca doa
|
20 menit
60 menit
10 menit
|
-
religious
- peduli
- rasa
ingin tahu
- rasa ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
-
kerja keras , mandiri dan kreatif
-
kerja keras, mandiri dan kreatif
-
disiplin,kerja keras ,tanggung jawab
- rasa
ingin tahu,
- tanggung
jawab
- rasa
ingin tahu, kreatif dan kerja keras
- Rasa
ingin tahu
- Mandiri dan kerja keras
- Religius
|
Pertemuan kedua
Kegiatan
|
Aktifitas guru
|
Aktifitas siswa
|
Alokasi waktu
|
Nilai karakter
|
pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam dan meminta siswa memimpin doa
-
guru mengabsen siswa
Apersepsi
-
Guru mengingat kembali tentang bentuk akar , operasi akar
dan merasionalkan penyebut
-
Guru mengaitkan pelajaran hari ini dengan pelajaran
sebelumnya
-
Guru membahas PR yang sulit
Motivasi
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang materi yang
dipelajarinya
Introduksi
-
Guru menyampaikan tujuanpembelajaran
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang dipelajari
-
Menjelaskan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share
-
Membentuk pasangan siswa
|
-
Siswa menjawab salam
dan berdoa
-
Siswa merespon absen
guru
-
Siswa mengingat kembali tentang bentuk akar dan operasi bentuk akar serta
merasionalkan
-
Mendengarkan dan memperhatikan
-
Mendengarkan dan mendiskusikan
-
Siswa mendengarkan motivasi yang diberikan guru
-
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran
-
mendengarkan
-
memperhatikan dan mendengarkan
-
duduk dengan pasangan masing - masing
|
20menit
|
-
Religious
-
Disiplin dan kepedulian
-
Berfikir kritis dan kreatif dan rasa ingin tahu
-
Rasa ingin tahu,kreatif dan kerja keras
-
Rasa ingin tahu,dan kerja keras
-
Rasa ingin tahu mandiri
-
Rasa ingin tahu dan kreatif
-
Rasa ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Kerja
sama
|
Kegiatan inti
|
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan tentang bentuk pangkat ,operasi bentuk
pangkatdan sifat –sifat bentuk pangkat
serta pangkat negative dan nolmemberikan beberapa contoh siswa
-
Memberikan soal latihan
Elaborasi
-
Menunjuk pasangan siswa untuk mempresentasikan hasil
diskusi didepan kelas
-
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang tampil
Komfirmasi
-
Guru memberikan penegasan terhadap jawaban yang
dipresentasikan pasangan siswa yang tampil
|
-Memperhatikan , mendengar, dan mencatat
-
Think ( berfikir)
Siswa memikirkan dan menuliskan jawaban pada buku secara individu
-
Pair (berpasangan )Siswa
mendiskusikan apa yang telah difikirkan
dan ditulis pada tahap pertama pada pasanganya
-
Share ( berbagi)
Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-
memperhatikan
-
memperhatikan dan bertanya kepada guru jika tidak mengerti
|
60 menit
|
-
kerja keras, mandiri dan kreatif
-
disiplin,kerja keras ,tanggung jawab
-
rasa ingin tahu,
-
tanggung jawab
-
rasa ingin tahu, kreatif dan kerja keras
|
penutup
|
- Guru menyimpulkan materi
bersama- sama dengan siswa
- Guru memberikan PR kepada
siswa
- Membaca doa dan member
salam
|
- Menyimpulkan materi pelajaran
- Mencatat PR
- Membaca doa dan menjawab
salam
|
10 menit
|
- Rasa ingin tahu dan kerja
keras
- Kerja keras, mandiri ,
tanggung jawab
- Religious
|
J.
Sumber
Tuti Masriani dkk.matematika program keahlian akuntasi dan penjualan untuk SMK kelas X semester 1 .2006.Erlangga
:Jakarta
A.
Penilaian
Teknik : latihan
Bentuk instrument : uraian
Contoh instrument :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Pertemuan
pertama
1.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar
2.
Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar
Pertemuan
kedua
1.
Menjelaskan sifat – sifat bilangan pangkat bulat positif
2.
Melakukan operasi bilangan berpangkat
3.
Mengubah bilangan pangkat negative dan nol menjadi pangkat
positif dan Mengubah bilangan kedalam bentuk baku dan pangkat pecahan
|
Tes
tertulis
|
Isian singkat dan uraian
|
1.Sederhanakanlah
bentuk akar dibawa ini:
a.
4- -=....
b.
2-5 =.....
c.
2.
Tentukan sekawan dari
=....
3.Sederhanakan
bentuk bilangan berpangkat
4.Sederhanakanlah:
a.
109 6+ 236=...
b.
349- 342=....
|
a.
Penilaian Kognitif
Pemberian latihan secara
individu.
b.
Penilaian Afektif
Aspek-aspek yang dinilai
adalah;
·
Kemampuan siswa mengemukakan pendapat.
·
Kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas individu.
Bukittinggi , Januari 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
Nip: Nip:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar