RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : X/
I
Materi Pokok : Bilangan
Real
Alokasi Waktu : 6
Jam pelajaran (3 kali
pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan
real
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Menerapkan operasi pada
bilangan irasional.
C.
Indikator
Pertemuan pertama
1.
Memahami bentuk akar
2.
Menyederhanakan bentuk akar
3.
Mengoperasikan bentuk akar
Pertemuan kedua
1.
Mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk akar
2.
Menjelaskan pengertian bilangan irrasional
Pertemuan ketiga
1.
Mengetahui dan memahami operasi bilangan
irasional
2.
Menyederhanakan bilangan rasional
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan irasional.
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Siswa
mampu memahami bentuk akar
2.
Siswa mampu menyederhanakan bentuk akar
3.
Siswa mampu melakukan operasi dalam
bentuk akar
Pertemuan kedua
1.
Siswa mampu mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk akar
2.
Siswa mampu mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk yang bukan akar
3.
Siswa mampu memahami bilangan irasional
Pertemuan ketiga
1.
Siswa dapat memahami konsep bilangan irasional
2.
Siswa mampu menyederhankaan suatu bilangan
irasional
3.
Siswa mampu menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan irasional.
Karakter
siswa yang diharapkan:
1.
Cermat
2.
Teliti
3.
Mandiri
4.
Kerja keras dan rasa ingin tahu
5.
Tanggung jawab
E.
Alokasi waktu
2 x
45 menit ( per kali pertemuan)
F.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ekspositori
2.
Metode Tanya Jawab
3.
Metode Pemberian Tugas
G.
Materi ajar
Pertemuan pertama
1. Bilangan real kebentuk akar
Bentuk akar adalah
akar dari suatu
bilangan yang nilainya memuat banyak angka desimal tak terhingga.contoh:
, ,
2. Menyederhanakan bentuk akar
Bentuk akar dapat disederhanakan dengan cara mengubah bilangan didalam akar tersebut menjadi dua
bilangan dimana bilangan yang satu dapat diakarkan sedang bilangan yang lain tidak dapat
diakarkan.
3. Mengoperasikan bentuk akar
a)
Penjumlahan dan pengurangan bentuk akar
, berlaku apabila a dan b sama
b) Perkalian bilangan real dengan bentuk akar
c) Pembagian bentuk akar
Pertemuan kedua
4. Mengklasifikasikan bilangan real kebentuk akar
5. Mengklasifikasikan bilangan real kebentuk bukan akar
6. Pengertian bilangan irasional
Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk
Bilangan irrasional disebet juga bilangan tak rasional.
Bilangan irasional diklasifikasikan menjadi 2 kelompok yaitu:
a) Bilangan pecahan desimal tak terbatas tak berulang.
Contoh:
b) Bilangan yang berbentuk akar
Contoh:
...
= 1,732050808...
Pertemuan ketiga
7. Operasi bilangan irasional
1) Penjumlahan dan pengurangan
Bilangan irasional tidak dapat
dijumlahkan kecuali bilangan itu sejenis,karena besarnya tidak terukur.
Contoh :
( tidak bisa digabung menjadi )
2) Perkalian bentuk akar
Ingat bahwa
8. Menyederhanakan bilangan rasional
1) Memperkecil bilangan dibawah tanda akar:
2) Merasionalkan penyebut suatu pecahan
Contoh :
9. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan irasional
H.
Langkah – langkah
pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan
|
Aktifitas
Guru
|
Aktifitas
Siswa
|
Waktu
|
Karakter
yang diharapkan
|
||
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam dan meminta siswa memimpin doa
- guru mengabsen siswa
Apersepsi
-
Guru mengingat kembali
tentang bilangan .
|
-
Siswa
menjawab salam dan berdoa bersama
-
Siswa
merespon absen guru
-
Siswa mengingat tentang bilangan
|
10 menit
|
-
Religious
-Disiplin dan kepedulian
-Berfikir kritis dan kreatif dan rasa ingin tahu
|
||
Motivasi
-
Guru memberi motivasi kepada siswa terhadap materi yang akan dipelajari.
Introduksi
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru memberikan
gambaran tentang materi yang dipelajari
|
-
Siswa
mendengarkan motivasi yang diberikan guru
-
Siswa
mendengarkan tujuan pembelajaran
-
Siswa
mendengarkan gambaran materi yang dijelaskan guru
|
-
Logis
-
Rasa
ingin tahu mandiri
-
Rasa
ingin tahu dan kreatif
|
||||
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
- Guru meminta siswa membaca buku paket .Setelah itu guru meminta
siswa menyimpulkan apa yang mereka baca
- Guru menjelaskan dan
memberi penekanan tentang bentuk akar pada bilangan
real.
- Guru menjelaskan bagaimana mengoperasikan bilangan real dalam bentuk akar.
Elaborasi
- Guru memberikan contoh soal tentang akar dari
suatu bil.real.
|
-
Mendengarkan
dan membaca buku paket
-
Mendengarkan
memperhatikan dan menanggapi
-
Mendengarkan
dan memperhatikan
-
Mendengarkan
dan memperhatikan penjelasan guru
-
Mendengarkan
dan memperhatikan
-
Mendengarkan
dan menanggapi penjelasan guru tentang bilangan irasional
|
70 menit
|
-
Rasa
ingin tahu
-
Rasa
ingin tahu
-
Rasa
ingin tahu, mandiri dan kerja keras
-
Kretatif
dan kerja keras
-
Mandiri
,kreattif dan kerja keras
|
||
- Guru meminta siswa mencatat materi yang sedang
dipelajari.
- Guru menanyakan kepada siswa apakah jawaban
dari temannya benar atau salah
- Membahas soal-soal dalam buku paket .
|
-
Mencatat
materi yang disampaikan guru
-
Menanggapi
pertanyaan guru
-
Mendengarkan
dan mengerjakan soal yang ada di buku paket
|
-
Kerja keras dan kretaif
-
Kerja
keras,kreatif , mandiri
-
Kerja
keras , mandiri dan rasa ingin tahu
|
||||
Penutup
|
Komfirmasi
- Guru memberikan peedbeck tentang materi yang telah dibahas dan mengulangi kembali materi yang belum dimengerti.
- Guru menyimpulkan materi yang belum
diketahui siswa
- Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi bersama- sama
- Guru memberikan Pekerjaan rumah kepada siswa
- Membaca doa dan memberi salam
|
-
Menanggapi
-
Menyimpulkan
-menyimpulkan
keseluruhan materi secara bersama
-
Mencatat
PR
-
Membaca
doa dan manjawab salam
|
10 menit
|
-
Kerja
keras dan mandiri
-
Kerja
keras dan kreatif
-
Kerja
keras , mandiri dan rasa ingin tahu
-
Kerja
keras dan mandiri
-
Religious
|
||
Pertemuan kedua
Kegiatan
|
Aktifitas
guru
|
Aktifitas
siswa
|
waktu
|
Karakter
yang di harapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
|
-
Guru mengucapkan salam dan meminta siswa memimpin doa
-
Guru mengabsen siswa
Apersepsi
-
Guru mengingatkan siswa tentang materi
sebelumnya.yaitu: bilangan real kebentuk akar
-
Membahas PR yang diberikan
sebelumnya
Motivasi
-
Guru
menjelaskan kegunaan materi ini dalam kehidupan sehari-hari
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang dipelajari.
Introduksi
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Eksplorasi
-
Guru
meminta siswa membaca buku paket mengenai
materi yang akan dipelajari.
-
Guru
meminta kepada siswa untuk menyimpulkan apa yang mereka baca dan pahami.
-
Guru menyempurnakan
kesimpulan yang telah diberikan siswa
-
Menjelaskan cara menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bilangan irasional
Elaborasi
-
Guru meminta siswa kedepan untuk menyelesaikan contoh
soal.
-
Guru meminta
siswa mencatat materi yang telah dijelaskan.
-
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan di buku paket
-
Guru menghampiri meja siswa untuk mencek aktifitas
siswa
Komfirmasi
-
Guru menanyakan kembali kebenaran jawaban yang telah
diberikan siswa.
-
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan pendapat.
-
Guru mengajak siswa untuk bersama menyimpulkan
pelajaran.
-
Guru memberikan
pekerjaan
rumah.
-
Membaca
doa dan memberi salam
|
-
Menjawab
salam dari guru dan membaca doa
-
Merespon absen guru
-
Memperhatikan
dan mengingat materi sebelumnya
-
Menanggapi dan mendiskusikan
PR yang tidak diketahui
-
Mendengarkan motivasi guru
-
Mendiskusikan dan mendengarkan
-
Memperhatikan Mendengar
-
Memperhatikan dan membaca buku paket
-
Memperhatikan dan menanggapi pertanyaan guru
-
Mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
-
Memperhatikan,menanggapi
dan membaca buku paket
-
Memperhatikan dan menanggapi pertanyaan guru
-
Mencatat
materi yang dipelajari
-
Memperhatikan,
menaggapi dan mengerjakan buku paket
-
Menanggapi dan mengerjakan contoh soal.
-
Menjawab pertanyaan guru
-
Bertanya
jika tidak mengerti
-
Menyimpulkan
pembelajaran
-
Mencatat
PR yang diberikan guru
-
Membaca
doa dan menjawab salam dari guru
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
-
Religious
-
Peduli
sesama
-
Rasa
ingin tahu dan disiplin
-
Rasa
ingin tahu
-
Rasa
ingin tahu
-
Rasa ingin tahu
-
Rasa ingin tahu
-
Berfikir kritis, mandiri ,rasa ingin tahu dan kretatif
-
Rasa ingin tahu, Kreatif dan mandiri
-
Mandiri , tanggung jawab dan kreatif
-
Rasa ingin tahu,kerja keras dan kreatif
-
Kreatif ,kerja keras dan mandiri, Tanggung jawab dan kreatif
-
Tanggung jawab , mandiri dan kreatif , kerja keras
-
Kreatif ,kerja keras dan mandiri
-
Kerja keras dan mandiri
-
Kreatif dan rasa ingin tahu
-
Kreatif dan rasa ingin tahu
-
Kreatif dan rasa ingin tahu
-
Mandiri dan kerja keras
-
Religious
|
Pertemuan ketiga
Kegiatan
|
Aktifitas
Guru
|
Aktifitas
Siswa
|
Waktu
|
Karaker yang diharapkan
|
|
Pendahuluan
Kegiatan inti
Penutup
|
-
Guru
mengucap salam dan menyuruh siswa membaca doa
-
Guru mengabsen
siswa
Apersepsi
-
Mengaitkan
pelajaran hari ini dengan pelajaran sebelumnya
-
Mengingat
kembali materi sebelumnya yaitu bilangan irasional
-
Guru
membahas PR yang dianggap sulit.
Motivasi
-
Menjelaskan kegunaan materi yang akan d pelajari dengan kehidupan sehari–hari
Introduksi
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran
-
Memberikan
gambaran tentang materi yang dipelajari
Eksplorasi
-
Menyuruh
siswa membaca buku paket
-
Meminta
siswa menyimpulkan apa yang mereka baca
-
Menjelaskan
konsep
dan sifat bilangan irasional.
-
cara menyelesaikan soal tentang bilangan
irasional.
Elaborasi
-
Meminta
salah seorang siswa kedepan untuk mengerjakan contoh soal
-
Menyuruh
siswa mencatat materi yang sedang dipelajari
-
Menyuruh
siswa mengerjakan soal di buku latihan
Konfirmasi
-
Memberikan
pertanyaan kepada siswa apakah jawaban dari temanya benar atau salah
-
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum mengerti
-
Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan pelajaran secara
bersama.
-
Menutup
pelajaran dan membaca doa dan memberi salam
|
-
Menjawab
salam dari guru dan membaca doa
-
Merespon
absen guru
-
Memperhatikan
dan menaggapi
-
Memperhatikan
dan mengingat materi sebelumnya
-
Memperhatikan
dan mendiskusikan PR
-
Memperhatikan
dan mendengarkan
-
Mendengarkan
-
Mendengarkan
dan memperhatikan
-
Menanggapi
dan membaca buku paket
-
Menanggapi
dan menyimpulkan
- Mendengarkan dan memahaminya.
- Mendengarkan dan memperhatikan
- Menanggapi pertanyaan guru
-
Mencatat
materi pelajaran
-
Memperhatikan dan mengerjakan latihan
-
Mendengarkan
dan menanggapi latihan
-
Memperhatikan
dan menanggapi
-
Menanggapi
dan bertanya jika tidak mengerti
-
Menyimpulkan
pelajaran
-
Membaca
doa dan menjawab salam guru
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
-
Religious
-
Disiplin
dan peduli
-
Rasa
ingin tahu dan disiplin
-
Rasa
ingin tahu dan berfikir kritis
-
Rasa
ingin tahu
-
Rasa
ingin tahu
-
Rasa ingin tahu
-
Rasa
ingin tahu,kreatif dan mandiri
-
Kritis
dan kreatif
-
Rasa
ingin tahu
-
Rasa
ingin tahu
-
Kreatif
, kerja keras dan mandiri, bertanggung jawab
- Mandiri dan kerja keras
-
Kreatif
, kerja keras dan mandiri
-
Rasa
ingin tahu dan bekerja keras
-
Rasa ingin tahu
-
Religious
|
|
I.
Sumber
Tuti Masriani dkk.Matematika Program Keahlian Akuntasi dan Penjualan untuk SMK kelas X semester 1
.2006.Erlangga :Jakarta
H. Penilaian
Teknik : latihan
Bentuk instrument : uraian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Pertemuan
pertama
1.
Memahami bentuk akar
2.
Menyederhnakan bentuk akar seta
nilainya
3.
Mengoperasikan bentuk akar
Pertemuan kedua
1.
Menentukan bentuk bilangan irasional
2.
Menyederhanakan bilangan irasioanal
Pertemuan ketiga
1.
Menentukan konsep bil.irasional
2.
Melakukan operasi pada bil.irasional
3.
Menyelesaikan masalah yang berkautan
dengan bil.irasional
|
Tes
tertulis
|
Uraian
Dan isian singkat
|
1.
Buktikan bahwa merupakan bil irasional.
2.
Tentukanlah :
3.
Rasionalkan penyebut berikut ini
4. sederhanakalah bentuk akar
dibawah ini:
5 + 10 = …
5.
Tentukan hasil kali dari
6.
Sederhanakan bentuk akar berikut ini:
a.
b.
7.
Apakah benar bahwa bilangan irasional?
8.
Tentukan nilai dari
9.
Tentukan nilai dari
10. Apakah merupakan bilangan irasional.
|
a.
Penilaian Kognitif
Pemberian latihan secara
individu.
b.
Penilaian Afektif
Aspek-aspek yang dinilai
adalah;
·
Kemampuan siswa mengemukakan pendapat.
·
Kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas individu.
Bukittinggi , Januari
2013
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Matematika
(______________) (_______________)
Nip: Nip :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar