RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah
: SMK
Mata
Pelajaran
: Matematika
Kelas/ Semester
: X/ I
Materi
Pokok
: Bilangan Real
Alokasi
Waktu
: 10 Jam pelajaran
(5 kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memecahkan masalah berkaitan dengan
konsep operasi bilangan real
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menerapkan operasi pada bilangan
real
C.
Indikator
Pertemuan pertama
1.
Memahami system bilangan real
2.
Melakukan operasi penjumlahan pada
bilangan bulat
Pertemuan kedua
1.
Melakukan operasi pengurangan pada
bilangan bulat
2.
Melakukan operasi perkalian bilangan
bulat
3.
Melakukan operasi pembagian bilangan
bulat
Pertemuan ketiga
1.
Melakukan operasi penjumlahan dan
pengurangan pada bilangan pecahan
2.
Melakukan operasi perkalian bilangan
pecahan
3.
Melakukan operasi pembagian bilangan
pecahan
Pertemuan keempat
1.
Mengubah bentuk pecahan menjadi
bentuk decimal dan persen
2.
Mengubah bentuk decimal menjadi
bentuk pecahan dan persen
3.
Mengubah bentuk persen menjadi
bentuk pecahan dan decimal
Pertemuan kelima
1.
Melakukan operasi konsep
perbandingan ( senilai dan berbalik nilai ) dan skala
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
1.
Siswa mampu memahami system bilangan
real
2.
Siswa mampu melakukan operasi
penjumlahan pada bilangan bulat
Pertemuan
kedua
1.
Siswa mampu melakukan operasi
pengurangan bilangan bulat
2.
Siswa mampu melakukan operasi
perkalian bilangan bulat
3.
Siswa mampu melakukan operasi
pembagian bilangan bulat
Pertemuan
ketiga
1.
Siswa mampu melakukan operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan
2.
Siswa mampu melakukan operasi
perkalian bilangan pecahan
3.
Siswa mampu melakukan operasi
pembagian bilanganpecahan
Pertemuan
keempat
1.
Siswa mampu mengubah bentuk pecahan
menjadi bentuk decimal dan persen
2.
Siswa mampu mengubah bentuk decimal
menjadi bentuk pecahan dan persen
3.
Siswa mampu mengubah bentuk persen
menjadi bentuk pecahan dan decimal
Pertemuan
kelima
1.
Siswa mampu melakukan operasi
perbandingan (senilai dan berbalik nilai) dan skala
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Berfikir kritis dan kreatif
2.
Cermat
3.
Teliti
4.
Mandiri
5.
Kerja keras dan rasa ingin tahu
6.
Tanggung jawab
E.
Alokasi waktu
2 x 45 menit ( per kali pertemuan)
F.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ekspositori
2.
Metode Pemberian Tugas
3.
Metode diskusi
G.
Materi ajar
Pertemuan pertama
Dalam
memahami bilangan real dapat dilihat bagan dibawah ini :
Struktur
bilangan pada bagan diatas dapat menggambarkan system bilangan real secara
umum. Pengertian masing – masing bilangan diatas adalah:
1. Bilangan Kompleks
Bilangan
kompleks adalah bilangan yang terdiri atas bilangan asli dan bilangan imajiner
.Bentuk umum bilangannya adalah a + b i, dimana a dan b adalah bilangan real ,
serta i=
Contoh:
3
+i dan 4-i
2. Bilangan Real
Bilangan
real adalah bilangan yang terdiri atas bilangan rasional dan bilangan
irrasioanal, atau bilangan yang dapat berkorespodensi satu – satu dengan titik
pada garis bilangan.
Himpunan bilangan real dinotasikan dengan R
3. Bilangan Imanjiner
Bilangan
yang tidak dapat berkorespodensi satu – satu dengan titik – titik pada garis
bilangan.
4. Bilangan Rasional
Bilangan
rasional yang dilambangkan dengan huruf Q adalah bilanangan yang
dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan dengan a dan b bilangan bulat dan b≠ 0.
5. Bilangan Irrasional
Bilangan
irrasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam , dimana a dan b bilangan bulat dan b≠ 0.
6. Bilangan Bulat
Bilangan
bulat adalah bilangan yang terdiri atas bilangan bulat positif, bilangan bulat
negative dan nol.Serta dinotasikan dengan B
Contoh:
B={…,-2,-1,0,1,2,…}
7. Bilangan Cacah
Bilangan
cacah adalah bilangan yang dimulai dengan angka nol dan dilambangkan
dengan huruf C.
Contoh:
C={0,1,2,3,…}
8. Bilangan Asli
Bilangan
asli adalah bilangan bulat positif yang dimulai dengan angka 1 dan dinotasikan
dengan huruf A
Contoh:
A={1,2,3,4,…}
9. Bilangan Genap
Bilangan
genap adalah kelipatan dari dua bilangan asli , atau bilangan yang dirumuskan
dengan 2n, n A.
Contoh:
A={2,4,6,…}
10. Bilangan Ganjil
Bilangan
ganjl adalah bilangan yang dirumuskan dengan 2n-1 , n A.
Contoh:{1,3,5,…}
11. Bilangan Prima
Bilangan
prima adalah bilangan yang hanya memiliki factor 1 dan dirinya sendiri .
Contoh:2,3,7
12. Bilangan Komposit
Bilangan
komposit adalah bilangan yang dapat dibagi oleh lebih dari dua factor.
Contoh:2,6,8.9,…
Operasi–operasi
pada bilangan real :
1.
Operasi penjumlahan bilangan bulat
Sifat
– sifat penjumlahan pada bilangan bulat:
1.
Bersifat komutatif ( a+b = b+a)
2.
Bersigat asosiatif (a+b)c= a+(b+c)
3.
Bersifat tertutup
4.
Unsure identitas
5.
Invers terhadap penjumlahan
Pertemuan
kedua
2 . Pengurangan Bilangan Bulat
Secara
umum ,dapat dikatakan bahwa mengurangan suatu bilangan sama saja dengan
menambah bilangan itu dengan lawan penguranganya.sehingga berlaku
a-b=a+(-b)
contoh:
5+(-8)=…
-15-(-8)=…
3.
Perkalian Bilangan Bulat
Sifat
– sifat perkalian bilangan bulat:
1.
Bersifat komutatif (a x b)= (b x a)
2.
Unsure identitas perkalian ( a x 1)=
(1 x a)= a
3.
Bersifat asosiatif ( a xb )x c= ax
(b xc)
4.
Bersifat distributive perkalian
terhadap penjumlahan
Contoh:
2
x 3 =…
4.
Pembagian Bilangan Bulat
Pembagian
bilangan bulat dapat dituliskan sebagai a: b= c jika dan hanya jika b x c =a
dengan a ,b ,c bilanagn bulat dan b ≠ 0
Contoh:
40
: 8=…
39
: 13=…
Pertemuan ketiga
Operasi Pada Bilangan Pecahan
1.
Penjumlahan dan Pengurangan Pada
Bilangan Pecahan
Dalam
melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan pecahan , maka terlebih dahulu
dilakukan mencari KPK dari bilangan tersebut dari penyebut pecahan.
Contoh:
Hitunglah
jawab:
himpunan
kelipatan 4 ={4,8,12,16,20,…}
himpunan
kelipatan 6 ={6,12,18,24,30,…}
himpunan
persekutuanterkecil dari 4 dan 6 adalah ={12}
2.
Perkalian Pada Pecahan
Untuk
mengalikan pecahan , kalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan
penyebut pecahan itu, dapat ditulis:
= dengan b ≠ 0 dan d≠ 0
3. Pembagian Pada Pecahan
Secara
umum pembagian pada bilangan pecahan adalah
= dengan b ≠ 0 dan d≠ 0
Pertemuan
keempat
Konversi
Bilangan
1.
Mengubah Bentuk Pecahan Menjadi
Bentuk Desimal
Bentuk
pecahan dapat diubah kedalam bentuk decimal dapat dilakukan dengan
dua cara:
a. membagi antara pembilang dan
penyebut
b. mengubah penyebut pecahan menjadi 10
atau 100, atau 1000 atau perpangkatan 10 lainya
contoh:
ubahlah
bilangan kedalam bentuk decimal dengan cara
membagi antara pembilang dan penyebut.
= 2 : 3 = 0,66
2.
Mengubah Bentuk Desimal Menjadi
Bentuk Pecahan
Bentuk
decimal dapat diubah menjadi bentuk pecahan dengan terlebih
dahulu mengubah peyebut menjadi 10,100,1000 atau
perpangkatan 10 lainnya.
Contoh:
Ubahlah
bilangan 0,3 kedalam bentuk pecahan.
3.
Mengubah Bentuk Desimal Menjadi
Bentuk Persen
Bentuk
decimal dapat diubah kedalam bentuk persen dengan cara mengalikan
bilangan tersebut dengan 100 %
Contoh:
Ubahlah
bilangan 0,25 kedalam bentuk persen
0,25=
0,25 x 100%=25%
4.
Mengubah Bentuk Persen Menjadi
Bentuk Desimal
Bentuk
persen dapat diubah menjadi bentuk decimal dengan cara mengganti tanda persen
dengan per seratus kemudian dikonversi menjadi bentuk decimal.
Contoh:
Ubahlah
bilangan 15% kedalam bentuk decimal
15%=
= 0,15
5.
Mengubah Bentuk Pecahan Menjadi
bentuk Persen
Bentuk
pecahan dapat diubah menjadi bentuk persen dengan cara mengalikan bilangan
tersebut dengan 100 % , atau dapat juga dengan cara mengubah pecahan biasa
menjadi pecahan yang senilai dengan penyebut 100.
Contoh:
Ubahlah
bilangan ke dalam bentuk persen
= x 100%= 75%
6.
Mengubah Bentuk Persen menjadi Bentuk
Pecahan
Bentuk
persen dapat diubah menjadi bentuk pecahan dengan cara mengganti tanda % dengan
perseratus.
Contoh:
Ubahlah
bilangan 75% kedalam bentuk pecahan.
75%=
7.
Aplikasi Persen Pada Bidang Bisnis
Contoh:
Seorang
perantara penjualan motor akan mendapat komisi 5 % dari harga sebuah motor.
Jika ia mampu menjual motor seharga Rp6.500.000,00,berapakah besar uang
komisi yang ia terima?
Jawab:
Harga
motor : Rp6.500.000,00
Komisi
:5% x Rp6.500.000,00 =325.000
Jadi,
komisi yang ia terima adalah Rp325.000,00
Pertemuan
kelima
Perbandingan
dan Skala
1.
perbandingan
perbandingan
dapat dinyatakan dalam bentuk
…
: …=
Ø perbandingan
senilai
perbadingan
senilai adalah suatu kesamaan dari dua perbandingan . Bentuk umum perbandingan
adalah sebagai berikut:
ü perhitungan
berdasarkan nilai satuan
contoh:
jika
5 batang coklat harganya Rp27.500,00, berapakah harga 16 batang coklat?
Harga
5 batang coklat = Rp27.500,00
Harga
1 batang coklat =
Jadi,
harga 16 batang coklat adalah= 16 x =Rp88.000,00
ü perhitungan
berdasarkan perbandingan
contoh:
perhatikan
table dibawah ini
Banyak coklat
|
Harga coklat (Rp)
|
15
|
27.500
|
Jadi,
harga 16 batang coklat adalah Rp88.000,00
Ø perbandingan
berbalik nilai
bentuk
umum perbandingan berbalik nilai adalah atau a: d= c:b
contoh:
suatu
pagar tembok dapat dibangun oleh 12 orang pekerja dalam waktu 10 jam . Tentukan
waktu yang diperlukan untuk membangun pagar itu jika hanya tersedia 5 orang
pekerja.
Jawab:
Jika
banyak pekerja berkurang , maka waktu yang diperlukan bertambah, sehingga
diperoleh persamaan 12 x 10 = 5 x t, t=24
Jadi,5
orang pekerja dapat membangun pagar tembok dalam waktu 24 jam
2.
skala
skala
merupakan perbandingan antara ukuran paad gambar dengan ukuran yang sebenarnya.
Skala=
Contoh:
Jika
arsitek ingin menggambar perencanaan sebuah gedung sekolah dengan skala
1:3000. Jika luas tanah yang akan dibangun adalah 750m2, berapakah
luas tanah paad gambar?
Jawab:
Misalkan
luas tanah pada gambar adalah L
L:750=
1:3000
3000
L= 750
L=2500cm2
Jadi
luas tanah pada gambar adalah 2500cm2
H.
Langkah – langkah pembelajaran
Pertemuan
pertama
Kegiatan
|
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Waktu
|
Karakter yang diharapkan
|
Pendahuluan
|
- Guru mengucapkan salam dan meminta
siswa memimpin doa
- guru mengabsen siswa
Apersepsi
- Guru mengingat
kembali tentang jenis bilangan dan penulisanya
|
- Siswa
menjawab salam dan berdoa
- Siswa
merespon absen guru
- Siswa mengingat tentang bilangan
|
10 menit
|
- Religious
- Disiplin dan kepedulian
- Berfikir kritis dan kreatif dan
rasa ingin tahu
|
Motivasi
- Guru
memberikan motivasi kepada siswa tentang materiyang dipelajarinya
Introduksi
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
- Guru
memberikan gambaran tentang materi yang dipelajari
|
- Siswa
mendengarkan motivasi yang diberikan guru
- Siswa
mendengarkan tujuan pembelajaran
- Siswa
mendengarkan gambaran materi yang dijelaskan guru
|
- Logis
- Rasa
ingin tahu mandiri
- Rasa ingin tahu dan kreatif
|
||
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
- Guru
meminta siswa membaca buku paket halaman 2 dan 3
- Setelah
itu guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka baca
- Guru
menjelaskan dan memberi penekanan tentang bilangan real
- Guru
menjelaskan tentang operasi penjumlahan bilangan real
Elaborasi
- Guru
memberikan contoh soal tentang bilangan real dan operasi penjumlahan dan
meminta siswa mengerjakanya
|
- Mendengarkan
dan membaca buku paket
- Mendengarkan
memperhatikan dan menanggapi
- Mendengarkan
dan memperhatikan
- Mendengarkan
dan memperhatikan penjelasan guru
- Mendengarkan
dan memperhatikan
- Mendengarkan
dan menanggapi penjelasan guru tentang bilangan real
|
70 menit
|
- Rasa ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa ingin tahu, mandiri dan kerja
keras
- Kretatif dan kerja keras
- Mandiri
,kreattif dan kerja keras
|
- Meminta
siswa mencatat materi pelajaran
- Guru
menanyakan kepada siswa apakah jawaban dari temannya benar atau salah
- Membahas
soal-soal dalam buku paket halaman halaman 4 dan 6
|
- Mencatat
materi yang disampaikan guru
- Menanggapi
pertanyaan guru
- Mendengarkan
dan mengerjakan buku paket
|
- Kerja
keras dan kretaif
- Kerja keras,kreatif , mandiri
- Kerja
keras , mandiri dan rasa ingin tahu
|
||
Penutup
|
Komfirmasi
- Guru
memberikan umpan balik tentang materi dan membahas materi yang belum dipahami
siswa
- Guru
menyimpulkan materi yang belum diketahui siwa
- Guru
menyimpulkan materi bersama- sama dengan siswa
- Guru
memberikan PR kepada siswa
- Membaca
doa dan member salam
|
- Menanggapi
- Menyimpulkan
- Mencatat
PR
- Membaca
doa dan manjawab soal
|
10 menit
|
- Kerja keras dan mandiri
- Kerja
keras dan kreatif
- Kerja keras , mandiri dan rasa
ingin tahu
- Kerja keras dan mandiri
- religius
|
Pertemuan
kedua
Kegiatan
|
Aktifitas
guru
|
Aktifitas
siswa
|
waktu
|
Karakter
yang di harapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
|
- Guru mengucapkan salam dan meminta
siswa memimpin doa
- guru mengabsen siswa
-
Apersepsi
- Guru mengingatkan siswa tentang
system bilangan real dan operasi terhadap bilangan bulat
- membahas PR yang sebelumnya
Motivasi
- Guru menjelaskan kegunaan materi
ini dalam kehidupan sehari-hari
- memberikan gambaran tentang materi
yang dipelajari
Introduksi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Eksplorasi
-
Guru meminta siswa membaca buku paket hal 5- 9
- Guru
meminta kepada siswa untuk menyimpulkan apa yang mereka baca
- guru
menambahkan simpulan siswa dan menjelaskan mengenai operasi kurang, kali,
bagi pada bilangan bulat
- Menjelaskan
cara menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi kurang, kali ,bagi pada
bilangan bulat
Elabolarasi
- Meminta
siswa kedepan kelas menyelesaikan contoh soal yang berkaitan dengan operasi
kurang, kali, bagi dan pangkat pada bilangan bulat
- Meminta
siswa mencatat materi yang telah diberikan
- Meminta
siswa untuk mengerjakan soal latihan di buku paket
- Berjalan
ke meja siswa untuk melihat pekerjaan siswa
Komfirmasi
- Memberikan
pertanyaan kepada siswa apakah jawaban dari temanya benar atau salah
- Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya
- Bersama
– sama dengan siswa menyimpulkan pelajaran
- Memberikan
PR
- Membaca
doa dan memberi salam
|
- Menjawab salam dari guru dan
membaca doa
- Merespon absen guru
- Memperhatikan dan mengingat materi
sebelumnya
- Menanggapi dan mendiskusikan
PR yang tidak diketahui
- Mendengarkan motivasi guru
- Mendiskusikan dan mendengarkan
- Memperhatikan Mendengar
- Memperhatikan dan membaca buku
paket
- Memperhatikan dan menanggapi
pertanyaan guru
- Mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru
- Memperhatikan,menanggapi
dan membaca buku paket
- Memperhatikan dan menanggapi
pertanyaan guru
- Mencatat
materi yang dipelajari
- Memperhatikan, menaggapi dan
mengerjakan buku paket
- Menanggapi dan mengerjakan contoh
soal
- Menjawab pertanyaan guru
- Bertanya
jika tidak mengerti
- Menyimpulkan
pembelajaran
- Mencatat
PR yang diberikan guru
- Membaca
doa dan menjawab salam dari guru
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
- Religious
- Peduli
sesama
- Rasa
ingin tahu dan disiplin
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Berfikir
kritis, mandiri , rasa ingin tahu dan kretatif
- Rasa ingin tahu, Kreatif dan
mandiri
- Mandiri
, tanggung jawab dan kreatif
- Rasa ingin tahu,kerja keras dan
kreatif
- Kreatif ,kerja keras dan mandiri,
Tanggung jawab dan kreatif
- Tanggung
jawab , mandiri dan kreatif , kerja keras
- Kreatif
,kerja keras dan mandiri
- Kerja keras dan mandiri
- Kreatif dan rasa ingin tahu
- Kreatif dan rasa ingin tahu
- Kreatif dan rasa ingin tahu
- Mandiri dan kerja keras
- Religious
|
Pertemuan ketiga
Kegiatan
|
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Waktu
|
Karaker yang diharapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan inti
Penutup
|
- Guru mengucap salam dan menyuruh
siswa membaca doa
- Mengabsen siswa
Apersepsi
- Mengaitkan pelajaran hari ini
dengan pelajaran sebelumnya
- Mengingat kembali materi
sebelumnya yaitu operasi penjumlahan ,perkalian dan pembagian bilangan bulat
- Guru membahas PR yang sulit
Motivasi
- Menjelaskan kegunaan materi
ini dengan kehidupan sehari–hari
Introduksi
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memberikan gambaran tentang materi
yang dipelajari
Eksplorasi
- Menyuruh
siswa membaca buku paket halaman 10 -13
- Meminta
siswa menyimpulkan apa yang mereka baca
- Menjelaskan
operasi mengenai perjumlahan ,pengurangan ,perkalian dan pembagian bilangan
pecahan
- Menjelaskan
cara menyelesaikan soal tentang operasi bilangan pecahan
Elaborasi
- Meminta
salah seorang siswa kedepan untuk mengerjakan contoh soal
- Menyuruh
siswa mencatat materi yang dipelajari
- Menyuruh
siswa mengerjakan soal di buku latihan
- Berjalan
kepada siswa untuk melihat aktifitas siswa
Konfirmasi
- Memberikan
pertanyaan kepada siswa apakah jawaban dari temanya benar atau salah
- Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum mengerti
- Bersama–sama dengan siswa
menyimpulakan pelajaran hari ini
- Menutup pelajaran dan membaca doa
dan memberi salam
|
- Menjawab salam dari guru dan
membaca doa
- Merespon absen guru
- Memperhatikan dan menaggapi
- Memperhatikan dan mengingat materi
sebelumnya
- Memperhatikan dan mendiskusikan PR
- Memperhatikan
dan mendengarkan
- Mendengarkan
- Mendengarkan
dan memperhatikan
- Menanggapi dan membaca buku paket
- Menanggapi dan menyimpulkan
- Mendengarkan dan memperhatikan
- Mendengarkan dan memperhatikan
- Menanggapi pertanyaan guru
- Mencatat
materi pelajaran
- Memperhatikan
dan mengerjakan latihan
- Mendengarkan
dan mengerjakan latihan
- Memperhatikan dan menanggapi
- Menanggapi
dan bertanya jika tidak mengerti
- Menyimpulkan
pelajaran
- Membaca
doa dan menjawab salam guru
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
- Religious
- Disiplin dan peduli
- Rasa
ingin tahu dan disiplin
- Rasa
ingin tahu dan berfikir kritis
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa ingin tahu
- Rasa ingin tahu,kreatif dan
mandiri
- Kritis dan kreatif
- Rasa ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Kreatif
, kerja keras dan mandiri
- Mandiri dan kerja keras
- Tanggung jawab, kerja keras dan
mandiri
- Kreatif , kerja keras
- Rasa ingin tahu dan bekerja keras
- Rasa ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Religious
|
Pertemuan
keempat
Kegiatan
|
Aktifitas guru
|
Akifitas siswa
|
Waktu
|
Karakter yang diharapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan inti
Penutup
|
- Guru mengucapkan salam dan
menyuruh siswa berdoa
- Guru mengabsen siswa
Apersepsi
- Mengingat
materi sebelumnya yaitu bilangan pecahan
- Mengaitkan
pelajaran hari ini dengan bilangan pecahan
- Guru
membahas PR yang sulit
Motivasi
- Memberikan motivasi dan
menjelaskan kegunaan materi ini dalam kehidupan sehari – hari
Introduksi
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memberikan gambaran tentang materi
yang dipelajari
Eksplorasi
- Guru menyuruh siswa membaca buku
paket hal 14 -18
- Guru meminta siswa menyimpulkan
apa yang mereka baca
- Guru menjelaskan mengenai
cara perubahan bentuk decimal, pecahan dan persen
- Guru menjelaskan bagaimana
menyelesaikan contoh soal tentang perubahan bentuk pecahan , decimal, persen
dan penyelesaian dalam persoalan bisnis
Elaborasi
- Guru meminta siswa menyelesaikan
contoh soal yang berkaitan dengan perubahan bentuk pecahan ,persen dan
decimal
- Guru menyuruh siswa mencatat
materi pelajaran
- Guru menyuruh siswa mengerjakan
latihan di buku paket
- Guru berjalan kemeja siswa melihat
kegiatan siswa
Komfirmasi
- Guru menanyakan kepada siswa
apakah jawaban dari temanya benar atau salah
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipelajari
- Guru bersama-sama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran
- Guru memberikan PR
- Guru menutup pelajaran dan membaca
doa
|
- Menjawab salam guru dan membaca
doa
- Merespon absen dari guru
- Memperhatikan dan mengingat materi
sebelumnya
- Memperhatikan dan menanggapi
- Memperhatikan dan mendiskusikan PR
- Memperhatikan dan mendengarkan
- Memperhatikan
- Menangapi dan mendengarkan
- Memperhatikan dan membaca buku
paket
- Mendengarkan dan menyimpulkan
- Mendengarkan penjelasan guru
- Memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru
- Mengerjakan contoh soal
- Mencatat materi pelajaran
- Memperhatikan ,menaggapi dan
mengerjakan latihan
- Mengerjakan latihan
- Mendengarkan dan menanggapi
- Bertanya
mengenai materi yang belum dipelajari
- Menyimpulkan
- Mencatat
PR yang diberikan
- Menutup
pelajaran dan membaca doa
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
- Religious
- Peduli sesama
- rasa ingin tahu dan disiplin
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa ingin tahu,mandiri dan
kreatif
- Kritis dan kreatif dan kerja keras
- Rasa ingin tahu dan kreatif
- Rasa ingin tahu dan kerja
keras
- Mandiri, kreatif dan kerja keras
- Mandiri, kerja keras dan kreatif
- Mandiri dan kerja keras
- Disiplin , mandiri dan kerja keras
- Kritis
dan kreatif
- Rasa
ingin tahu ,kritis dan kerja keras
- Kreatif dan kerja keras
- Religious
|
Pertemuan
kelima
Kegiatan
|
Aktifitas guru
|
Akifitas siswa
|
Waktu
|
Karakter yang diharapkan
|
Pendahuluan
Kegiatan inti
Penutup
|
- Guru mengucapkan salam dan
menyuruh siswa berdoa
- Guru mengabsen siswa
Apersepsi
- Mengingat
materi sebelumnya yaitu perubahan bentuk decimal,persen dan pecahan
- Mengaitkan
pelajaran hari ini dengan bilangan pecahan ,persen dan desimal
- Guru
membahas PR yang sulit
Motivasi
- Memberikan motivasi dan
menjelaskan kegunaan materi ini dalam kehidupan sehari – hari
Introduksi
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memberikan gambaran tentang materi
yang dipelajari
Eksplorasi
- Guru menyuruh siswa membaca buku
paket hal 19 -26
- Guru meminta siswa menyimpulkan
apa yang mereka baca
- Guru menjelaskan mengenai
perbandingan senilai, berbalik nilai dan skala
- Guru menjelaskan bagaimana
menyelesaikan contoh tentang perbandingan senilai ,berbalik nilai dan skala
Elaborasi
- Guru meminta siswa menyelesaikan
contoh soal yang berkaitan perbandingan senilai,berbalik nilai dan skala
- Guru menyuruh siswa mencatat
materi pelajaran
- Guru menyuruh siswa mengerjakan
latihan di buku paket
- Guru berjalan kemeja siswa melihat
kegiatan siswa
Komfirmasi
- Guru menanyakan kepada siswa
apakah jawaban dari temanya benar atau salah
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipelajari
- Guru bersama – sama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran
- Guru memberikan PR
- Guru menutup pelajaran dan membaca
doa
|
- Menjawab salam guru dan membaca
doa
- Merespon absen dari guru
- Memperhatikan dan mengingat materi
sebelumnya
- Memperhatikan dan menanggapi
- Memperhatikan dan mendiskusikan PR
- Memperhatikan dan mendengarkan
- Memperhatikan
- Menangapi dan mendengarkan
- Memperhatikan dan membaca buku
paket
- Mendengarkan dan menyimpulkan
- Mendengarkan penjelasan guru
- Memperhatikan dan mendengarkan
penjelasan guru
- Mengerjakan contoh soal
- Mencatat materi pelajaran
- Memperhatikan ,menaggapi dan
mengerjakan latihan
- Mengerjakan latihan
- Mendengarkan dan menanggapi
- Bertanya
mengenai materi yang belum dipelajari
- Menyimpulkan
- Mencatat
PR yang diberikan
- Menutup
pelajaran dan membaca doa
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
- Religious
- Peduli sesama
- rasa ingin tahu dan disiplin
- Rasa ingin tahu
- Rasa ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa
ingin tahu
- Rasa ingin tahu,mandiri dan
kreatif
- Kritis dan kreatif dan kerja keras
- Rasa ingin tahu dan kreatif
- Rasa ingin tahu kreatif dan
kerja keras
- Mandiri, kreatif dan kerja keras
- Mandiri, kerja keras dan kreatif
- Mandiri dan kerja keras
- Disiplin , mandiri dan kerja keras
- Kritis
dan kreatif
- Rasa
ingin tahu ,kritis dan kerja keras
- Kreatif dan kerja keras
- Kerja keras
- Religious
|
I.
Sumber
Tuti
Masriani dkk.Matematika Program Keahlian Akuntasi dan Penjualan untuk SMK
kelas X semester 1 .2006.Erlangga :Jakarta
H.
Penilaian
Teknik
: latihan
Bentuk
instrument :
uraian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Pertemuan pertama
1. Memahami system
bilangan real
2. Melakukan operasi
penjumlahan pada bilangan bulat
Pertemuan kedua
1. Melakukan operasi
pengurangan pada bilangan bulat
2. Melakukan operasi
perkalian bilangan bulat
3. Melakukan operasi pembagian
bilangan bulat
Pertemuan ketiga
1. Melakukan operasi
penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan
2. Melakukan operasi perkalian
bilangan pecahan
3. Melakukan operasi pembagian
bilangan pecahan
Pertemuan keempat
1. Mengubah bentuk pecahan
menjadi bentuk decimal dan persen
2. Mengubah bentuk decimal
menjadi bentuk pecahan dan persen
3. Mengubah bentuk persen
menjadi bentuk pecahan dan decimal
Pertemuan kelima
1. Melakukan operasi
perbandingan senilai ,berbalik nilai dan skala
|
Tes
tertulis
|
Uraian
Dan
isian singkat
|
1. Tulislah himpuanan bilangan bulat
positif, himpunan bilangan cacah dan himpunan bilangan komposit
2. Hitunglah:
a. 8+(-2)=...
b. -7+(-4)=...
c. 4+(-5)=...
3. Hitunglah
a. -7+(-9)=...
b. 4+(-5)=...
4. Hitunglah
a. 6 x 7
=...
b. 9 x 8=...
5. Hitunglah
a. 30
:3=...
b. 88 : 8=...
6. Hitunglah
a.
b.
c.
7. Hitunglah:
a. 2
b. 8
8. Hitunglah :
a. 2
b. 9
9. Ubahlah bilangan4 berikut kedalam bentuk desimal
dan persen!
10. Ubahlah bilangan 0,325
kedalam bentuk pecahan dan persen!
11. Ubahlah 125% kedalam bentuk pecahan
dan desimal!
12. Sebuah peta dibuat dengan skala
1:200000.Tentukanlah:
a. Jarak
sebenarnya jika jarak pada peta 15cm
b. Jarak pada peta ,jika jarak
sebenarnya 120km
|
a.
Penilaian Kognitif
Pemberian
latihan secara individu.
b.
Penilaian Afektif
Aspek-aspek
yang dinilai adalah;
· Kemampuan siswa mengemukakan
pendapat.
· Kemampuan siswa dalam mengerjakan
tugas individu.
Bukittinggi , Januari 2013
Mengetahui
Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah
Matematika
Nip:
Nip :
aslm pak..
BalasHapuspak sebenarnya tugas RPP ini sudah diposting sesuai jadwal pak,,, tapi saat ananda mau posting proposal tidak sengaja terhapus pak.. jadi ananda posting lagi pak, maksih pak
Videoslots (Playminutes) - VideoLINK.CC
BalasHapusVideoslots (Playminutes) is an online platform game that is available for play on the Playminutes family youtube downloader of video slots.
Casino Games For Sale | DrmCD
BalasHapusFind many great new & 의정부 출장샵 used options and get 남양주 출장샵 the best deals for Casino Games For 광명 출장안마 Sale at DrmCD. Browse our huge selection of casino 익산 출장마사지 games and find the 하남 출장마사지