PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE
TIPE
FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI KELAS X SMAN 3 PAYAKUMBUH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SKRIPSI
Diajukan
untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Mencapai Gelar Sarjana
Program Strata
Satu (S-1) Pendidikan Matematika
Oleh:
ERNI LASWINDA
NIM : 2410.004
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2014 M/1435 H
ABSTRAK
Erni
Laswinda/2410.004/2014: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Formulate-Share-Listen-Create
(FSLC) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun
Pelajaran 2013/2014
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti selama
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama lebih kurang 4 bulan. Siswa kurang
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran matematika, pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru, kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa masih rendah serta siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal.
Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk mengatasi
masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe FSLC dalam pembelajaran
matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan model konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas
X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran
2013/2014. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
model
Cooperative tipe FSLC lebih baik daripada
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada mata pelajaran
matematika di kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2013/2014. Hipotesis
dalam penelitian ini adalah “kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
model konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas X SMAN 3 Payakumbuh
Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan
rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMAN 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel
dilakukan secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas X2 dan kelas
kontrol adalah kelas X1. Data penelitian diperoleh dari hasil tes
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Analisis data hasil tes akhir dilakukan dengan
menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,24 dan ttabel
1,67, menggunakan
Software Minitab diperoleh P-value =
0,001 karena thitung
> ttabel dan P-value < α berarti H0 ditolak
pada taraf nyata α
= 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
model Cooperative tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
model konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas X SMAN 3 Payakumbuh
Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar