ERNILASWINDA

Kamis, 11 September 2014



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE   
 TIPE FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI KELAS X SMAN 3 PAYAKUMBUH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Mencapai Gelar Sarjana
Program Strata Satu  (S-1) Pendidikan Matematika




Oleh:

ERNI LASWINDA
NIM : 2410.004


 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
2014 M/1435 H





ABSTRAK


Erni Laswinda/2410.004/2014: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2013/2014

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama lebih kurang 4 bulan. Siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran matematika, pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah serta siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe FSLC dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas X  SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative tipe FSLC  lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2013/2014. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas X2 dan kelas kontrol adalah kelas X1. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Analisis data hasil tes akhir dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,24 dan ttabel 1,67, menggunakan Software Minitab diperoleh P-value = 0,001 karena thitung > ttabel dan P-value < α berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2013/2014”.